Wednesday, June 29, 2016

Tips Aman Saat Mudik Untuk Bersilaturahmi Bersama Keluarga



Musim mudik telah tiba, bersilaturahmi bersama sanak saudara ke kampung halaman sudah menjadi tradisi turun-temurun. Kebahagiaan, canda tawa terjalin hangat. Namun untuk itu semua pastikan sebelum memulai perjalanan mudik kita harus memastikan semua kondisi harus dalam kondisi baik. Baik itu rumah yang kita tinggalkan sementara waktu saat mudik dan selama perjalanan ketika mudik.

Berikut Reza Black Wild Roses akan berbagi tips agar mudik anda aman dan tanpa kendala. Ada dua hal hal yang harus diperhatikan saat kita akan mudik ke kampung halaman yaitu Rumah yang akan kita tinggalkan dan saat perjalanan mudik itu sendiri.

Persiapan Sebelum Mudik dan Meninggalkan Rumah.

Sebelum memulai perjalanan mudik kita harus memperhatikan keamanan saat meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halaman, jangan sampai hal-hal yang tidak di inginkan terjadi pada rumah anda saat ditinggalkan mudik. apa saja yang harus diperhatikan berikut ulasannya.


  • Keamanan
Pastikan kondisi kemanan rumah anda, sebelum perjalanan mudik titipkan rumah anda pada tetangga yang tidak mudik atau pada petugas keamanan lingkungan setempat. Pastikan barang-barang berharga milik anda ditempatkan pada tempat yang aman atau dititipkan kepada orang yang anda percaya, berikan nomor telpon yang bisa dihubungi jika terjadi seuatu pada rumah anda saat anda mudik. Kunci seluruh akses masuk rumah anda, Ingat waspada rumah kosong biasanya menjadi incaran orang-orang yang berniat jahat dan saat rumah kosong menjadi suatu kesempatan untuk berbuat jahat.

  • Listrik dan Api
Pastikan seluruh instalasi listrik di dalam rumah dalam kondisi aman, cabut semua perangkat elektronik yang tidak digunakan, sperti televisi, kulkas, komputer dan lain sebagainya. Amankan seluruh instalasi listrik di dalam rumah anda. Periksa kompor di rumah anda pastika instalasi gas sudah terlepas dari kompor, jika perlu lepaskan tabung gas dari selang regulator dan tutup kepala tabung agar tidak ada kebocoran gas. Sedikit anda teledor pada masalah listrik dan Api bisa berkibat fatal.

  • Kendaraan 
Jika anda meninggalkan kendaraan bermotor milik anda di rumah saat mudik baik itu mobil ataupun sepeda motor pastikan kendaraan tersebut ditinggalkan dalam ,kondisi aman. Cabut accu kendaraan anda jika perlu kosongkan tangki bahan bakar kendaraan, ini dilakukan agar tidak terjadi kortsleting kelistrikan pada kendaraan dan menyebabkan kebakaran. Pastikan kendaraan yang ditinggalkan sudah terkunci aman. Atau bisa juga menitipkan kendaraan anda pada penitipan kendaraan atau pada orang yang anda percaya untuk menjaga kendaraan anda tersebut.


Itulah tiga hal yang harus diperhatikan ketika anda meninggalkan rumah anda selama anda mudik ke kampung halaman. Pastikan kondisi keseluruhan rumah sudah dalam keadaan aman sebelum anda tinggalkan.



Saat Perjalanan Mudik

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai perjalanan mudik ke kampung halaman yaitu :

  • Kesehatan
Pastikan kondisi tubuh anda dan anggota keluarga yang ikut mudik bersama dalam kondisi sehat jangan memaksakan diri ketika kondisi kurang sehat untuk berangkat mudik, tentunya ini sangat berbahaya. Perjalanan jauh dalam kondisi tubuh anda tidak sehat bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada diri anda.

  • Kendaraan
Jika anda mudik menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kondisi kendaraan anda laik jalan cek kendaraan secara keseluruhan seperti Ban, Rem, Spion, Lampu, Mesin dan lain sebagainya. Pastikan kendaraan anda membawa anda ke kampung halaman dengan Aman, Nyaman dan Selamat. untuk tips berkendara aman bisa baca disini.

  • Barang Bawaan dan Barang Berharga
Hindari membawa barang bawaan berlebihan saat mudik, bawalah barang bawaan sesuai dengan keperluan. jika memang barang yang harus dibawa banyak anda bisa menggunakan jasa pengiriman barang tentunya ini harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari. HIndari juga memakai perhiasan atau barang berharga yang mencolok dan belebihan serta hindari membawa uang cash secara berlebihan persiapkan uang secukupnya. Ini dilakukan untuk mencegah tindak kejahatan dijalan saat dalam perjalanan mudik.

Demikian beberapa tips dari Reza Black Wild Roses sebelum anda mudik ke kampung halaman, jadikan mudik silaturahmi anda berkesan tanpa adanya kendala yang bisa merugikan anda dan keluarga anda tentunya.
Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1437 H
Minal Aidin Wal Faidzin
Mohon Maaf Lahir dan Bathin


0 komentar:

Post a Comment