Thursday, May 19, 2016

Fungsi Spion Bagi Keselamatan Dijalan

Kaca Spion / Back Mirror

Kaca Spion atau back mirror, semua pengendara kendaraan pasti tahu apa fungsi dan kegunaan spion. Ya, spion berfungsi saat pengendara ingin melihat situasi area belakang dari kendaraan yang sedang dikendarainya.
Masih banyak para pengendara roda dua mengabaikan betapa pentingnya fungsi spion.  Menggunakan kaca spion pada sepeda motor adalah sangat penting bagi setiap pengendara motor.
Walau ini hanya sebuah kaca atau cermin, namun fungsinya sangat bermanfaat. Perlu diketahui bahwa fungsi utama dari kaca spion adalah untuk membantu melihat situasi area belakang dari kendaraan yang sedang dikendarainya dan memastikan kondisi aman ketika kita hendak berbelok, memutar arah atau menyusul kendaraan lain.
Ini berarti, kaca spion bisa membantu anda memastikan bahwa tidak ada objek bergerak dari arah belakang yang bisa menimbulkan benturan.

Ada pula hal lain yang sering dipermasalahkan oleh pengendara roda dua yakni menganggap bahwa kaca spion dari pabrikan berkesan mengganggu. Posisinya yang lebar dianggap menyusahkan dan mengganggu ketika menyalip ditengah kemacetan.
Dari pemikiran seperti inilah banyak pengendara sepeda motor yang salah kaprah mengenai fungsi spion. Dan hal ini menyebabkan, mereka mengganti dengan kaca spion yang ukuran kacanya lebih kecil, atau memiliki batang lebih pendek. Yang lebih parah ada yang melepas spion pada kendaraannya. Perlu di ingat, penggunaan spion yang kurang tepat akan mengakibatkan kecelakaan di jalan raya.
Idealnya adalah pada setiap kendaraan sepeda motor tetap menggunakan kaca spion yang dikeluarkan oleh pabrikan sepeda motor itu sendiri. Maka dari itu pengendara disarankan tidak asal dalam mengganti spion, sebelum mempertimbangkan daya pandang dan jangan menyepelekan fungsi dari kaca spion motor.
Berkendaralah dengan aman,nyaman dan selamat. Bagi diri sendiri dan pengendara lain.


0 komentar:

Post a Comment