Wednesday, May 18, 2016

Rem Terawat Jiwa Selamat



Rem, adalah sebuah piranti penting bagi sebuah sepeda motor. Kegunaannya sebagai pengurang laju kecepatan kendaraan menjadi bagian yang paling vital bagi kendaraan.

Jika kita kurang memperhatikan atau merawat bagian rem tersebut tentunya akan berakibat fatal bagi keselamatan pengendara.

Pada jenis kendaraan sepeda motor ada dua tipe jenis rem yaitu tromol dan rem cakram (disc brake), perbedaan pada keduanya ada pada cara kerja rem tersebut sendiri tromol dengan cara kerja konvensional dan rem cakram dengan sistem hidraulik. Namun keduanya mempunyai fungsi yang sama yaitu mengurangi kecepatan laju kendaraan.

Perawatan rem pada sebuah kendaraan sangatlah penting, pengecekan secara berkala akan membuat kinerja sebuah rem semakin baik. Pemeriksaan yang harus dilakukan pada rem harus pada semua bagian diantaranya minyak rem, master rem, selang rem, kaliper, kampas dan piringan cakram ini bagian pada rem jenis rem cakram (disc brake). Sementara pada rem jenis tromol pengecekan meliputi pada tali atau tangkai rem, per/pegas tromol, kampas dan tromol.

Dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan dari rem kendaraan, menandakan anda adalah orang yang peduli akan keselamatan jiwa. Keselamatan jiwa diri sendiri dan jiwa pengendara lain di jalan.

0 komentar:

Post a Comment