Sunday, May 15, 2016

Skill & Safety Riding


Berbicara tentang skill riding dan safety riding dikalangan pemotor memang sangat menarik, sudah banyak artikel yang mengulas hal tersebut. Namun masih banyak pula pemotor atau pengendara kendaraan roda dua yang belum paham betul apa itu skill riding dan safety riding.

Pada kali ini kita akan mengulas kembali apa itu skill riding dan safety riding, pada dasarnya skill riding dan safety riding adalah suatu hal yang berkaitan. Tanpa skill riding yang mumpuni tidak akan dicapai safety riding dimana kita bisa sampai tempat tujuan dengan aman dan selamat, aman dan selamat disini bukan untuk diri kita sendiri namun bagi pengendara lainnya.

Lalu apa sih skill riding itu? Apakah dengan menggunakan body protector dan jaket tebal serta perlengkapan berkendara motor bisa disebut pengendara tersebut menguasai skill iding dan safety? Jawabannya belum tentu.
Skill riding adalah suatu pengetahuan bagi seorang pengendara kendaraan roda dua, dimana pengetahuan dasar ini dimulai dari awal sebelum kita memulai perjalanan dengan kendaraan tersebut, hingga sampai tempat tujuan.

Dimulai dari pengecekan kendaraan, apakah kendaraan yang akan digunakan pasti laik jalan. Cek ban, rem, lampu utama lampu penanda dan tentunya kondisi mesin kendaraan tersebut. Saat semua pengecekan sudah dirasa baik dan semua piranti bekerja sesuai fungsinya maka kendaraan tersebut bisa dibilang laik jalan.


Lalu, periksa dan pastikan kondisi fisik kita selaku pengendara dalam keadaan fit dan sehat. Jangan paksakan diri berkendara dalam keadaan fisik kurang baik. Selain membahayakan diri sendiri tentunya bisa menimbulkan masalah bagi orang lain saat berkendara.







Selain itu bekal pengetahuan arti rambu atau aturan lalu lintas jalan juga merupakan bagian dari skill riding, salah membaca rambu selain melanggar aturan lalu lintas juga bisa membahayakan pengendara lain.



Lalu apa lagi skill riding itu? Kemampuan berkendara atau handling kendaraan saat dijalan raya, adalah sangat penting. Mampu mengoperasikan kendaraan belum tentu pengendara tersebut menguasai pengetahuan berkendara itu sendiri. Seperti teknik menyalip, teknik pengereman, teknik menikung, teknik menjaga keseimbangan dan lain sebagainya. Hal ini yang bisa dibilang tidak semua pengendara menguasainya. Dan tentunya adab sopan dan santun serta tertib berkendara jadi bagian dari skill berkendara.


Nah, dari penguasaan beberapa skill riding diatas. Bisa dibilang orang itu safety atau aman dalam berkendara. Aman bagi diri sendiri dan aman bagi diri orang lain. Selamat sampai tujuan tanpa kekurangan apapun, tanpa kendala, dan tidak merugikan pengendara lainnya. Maka skill riding dan safety riding sangat diperlukan bagi setiap pengendara. Selalu tertib berkendara, jaga kesabaran redam emosi. Ciptakan berkendara Aman, Nyaman dan Selamat.

Jangan lupa gunakan helm dan alat keselamatan berkendara yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia.

Mari bersama jadi pelopor keselamatan berkendara.


0 komentar:

Post a Comment